Outdor Learning yang Ekologis

ol

Pembelajaran tidak hanya bisa dilaksanakan di dalam kelas tetapi juga bisa berlangsung di luar kelas. Selain memotivasi, kegiatan belajar di luar kelas ini juga diharapkan membangun dan mengembangkan suasana belajar yang menantang dan menyenangkan, di mana siswa tidak hanya berinteraksi dengan satu sumber belajar saja tetapi bisa belajar dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang dikunjunginya. Kegiatan pembelajaran di luar kelas bertujuan untuk mengembangkan kecakapan serta memperluas wawasan siswa mengenai obyek pembelajaran.

Jumat, 16 Maret 2018 lalu kegiatan belajar di luar kelas untuk siswa kelas 7 dan 8 SMPK Sang Timur Malang dilaksanakan di Dusun Sahabat Alam yang terletak di Dusun Lasah, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, atau sekitar 18 km dari kota Malang. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran ini, karena di Dusun Sahabat Alam ini mereka diberi wawasan mengenai edukasi lingkungan yaitu edukasi pengelolaan sampah di mana siswa siswi diberikan materi dan diajarkan sejak dini untuk mengurangi volume sampah dengan memilah sampah melalui 3R, yaitu Reduce (mengurangi jumlah dan jenis sampah yang dibuang), Reuse (memakai kembali benda-benda yang masih bisa digunakan), Recycle (menciptakan benda baru hasil daur ulang benda yang sudah tidak dipakai). Tidak hanya itu, para siswa juga diajarkan pengelolaan sampah rumah tangga, mulai dari pengambilan dan pemisahan sampah hingga pembuatan kompos.

Hal menarik lainnya yang diajarkan oleh kakak-kakak di Dusun Sahabat Alam yaitu penyaringan air sederhana yang terdiri dari sekam, pasir, arang, kapas, dan kerikil yang bertujuan untuk membuat air yang kotor menjadi jernih. Serta teknik perkembangbiakan tanaman dengan okulasi/tempel. Para siswa pun berkesempatan untuk praktik secara langsung dari materi yang disampaikan. Tidak hanya itu, masing-masing siswa juga mendapat lembar kerja atau LKS yang wajib diisi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Ada hal seru lainnya yang diikuti siswa siswi kelas 7 dan 8 SMPK Sang Timur setelah mendapatkan berbagai materi mengenai edukasi lingkungan, yaitu kegiatan trekking atau menyusuri sungai kecil, sawah, dan ladang. Walau terlihat lelah, tetapi para siswa sangat bersemangat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran yang diberikan. (elok)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s